Welin, Pria Indonesia Ini Punya 27 Gelar Akademis

Double Degree hebat?
Triple Degree hebat?
Hah, belum ada apa-apanya dengan Pria Makasar satu ini. Ia adalah pemilik rekor MURI sebagai "Orang yang mendapatkan gelar akademis terbanyak".

Entah gila, stress, gemvlung, dahsyat, luar biasa, dan apalah sebutan untuk pria satu ini memang layak disematkan. Bagaimana tidak, Welin Kusuma, sebut saja Welin ini memiliki total 27 gelar akademis yang bahkan jika disebutkan gelarnya satu per satu pun panjangnya Naudzubillah deh. Saat ini ia berusia 33 Tahun. Mungkin ia bisa menambah koleksi gelarnya ya, Pemirsa? Haha.
Ingin tahu lebih lanjut tentang Welin. Simak ulasannya berikut.
 

1.) Ketika Belajar Sudah Jadi Passion

Kalau Anda menganggap apa yang dilakukannya ini hanya untuk pamer, maka ini adalah cara yang paling wasting time yang pernah ada. Daripada menghabiskan ratusan juta untuk belajar, mending buat beli rumah atau mobil kalau hanya untuk dipertontonkan. Alasan Welin sendiri murni karena pria 33 tahun ini hobi banget belajar. 

Welin dan deretan ijazahnya [Source] 
Perjuangan mendapatkan 27 gelar tentu tak mudah [Source]

Welin mengakui bahwa ia selalu enjoy melewati tiap sesi kuliah yang mungkin bagi sebagian orang sama sekali tak menyenangkan. Melihat alasannya tersebut mungkin Anda bisa paham. Seperti ketika Anda ingin mengoleksi Anime, tak mungkin Anda terpuaskan hanya dengan memiliki satu buah judul saja? Welin pun sama.


2.) Kenyang ‘Makan’ SKS

Mempunyai total 27 gelar. Dapat dibayangkan bagaimana sengsara kuliah Welin. Setidaknya ia harus meluangkan sebagian besar waktunya untuk kuliah. Belajar mulai pagi sampai 10 malam sudah seperti makanan sehari-harinya. Bahkan itu belum termasuk waktu yang digunakannya untuk mengerjakan tugas-tugas.

Welin ketika tampil di sebuah acara talkshow [Source]
Welin Kusuma [Source]
Welin juga sempat mendapatkan rekor MURI [Source]

Memang masuk akal, mengingat upaya Welin untuk mengejar banyak gelar tersebut adalah dengan mengambil banyak SKS sekaligus. Ia juga berkuliah di kampus yang berbeda. Sehingga dalam waktu sekitar 13 tahun aja ia sudah berhasil menyabet 19 gelar akademis yang berbeda.


3.) Rahasia Welin Bisa Tekun Belajar

Bisa merengkuh 27 gelar tentunya bakal makan waktu seumur hidup jika ditempuh dengan cara normal. Welin kemudian menyiasatinya dengan jitu. Senin sampai Jumat ia gunakan untuk mengambil kuliah siang dan kelas malam. Ia juga menghabiskan weekend untuk mengambil kuliah eksklusif. Tak cukup dengan itu, ia juga mengambil kelas-kelas terbuka tanpa pertemuan tatap muka.
Berbekal cara yang menurut banyak orang sangat ekstrim ini, akhirnya Welin sukses mengejar semua yang diinginkannya. Bahkan agar cepat lulus, ia menggunakan jatah SKS dengan maksimal.


4.) Tapi Semua Itu Tetap Ada Problemnya

Kuliah di banyak tempat dengan jurusan yang berbeda-beda tentu jadi beban yang tak enteng. Selama perjalanannya meraih 27 gelar tersebut Welin pun melewati banyak hal. Paling masuk akal adalah ketika ia harus dipusingkan dengan jadwal kuliah yang bentrok. Welin menyiasati hal ini dengan manajemen waktu yang keren, tapi kalau harus terpaksa ia bakal meminta izin untuk keluar terlebih dulu dan melanjutkan kuliah di tempat lain.
Masalah lain yang pasti dihadapinya adalah ujian. Tak hanya dari jadwalnya saja namun juga mata kuliah yang diujikan. Terkadang ia suka terlambat atau buru-buru ketika mengikuti UAS atau ujian tengah semester. Belum lagi dalam sehari ia bisa menjalani ujian dari jurusan kuliah yang beda. Tapi rata-rata hasilnya sangat memuaskan. Wih, keren!


5.) Deretan Gelar (Bahkan Masuk Rekor MURI)

Hasil dari buah perjuangannya pun tak percuma. Ia sukses mendaratkan banyak sekali gelar akademis. Mulai dari sarjana, pasca sarjana hingga program keahlian khusus.
Sekarang namanya bukan hanya Welin Kusuma saja. Tapi,

Welin Kusuma, ST, SE, S.Sos, SH, S.Kom, SS, SAP, S.Stat, S.Akt, S.Ikom, MT, MSM, MKn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA.

Bakalan susah kalau mau perbarui KTP atau SIM. Petugas bakal melongo dengan deretan gelar tersebut. haha.

Sekian info menarik tentang Welin, Si Pemilik Gelar Terbanyak.
Yang dapat diambil hikmahnya dari Welin adalah:
1. Belajarlah dengan tekun, karena belum ada apa-apanya dengan belajar yang dilakukan Welin.
2. Kalau berpikir skripsi susah, bagaimana Welin? Bahkan Welin bisa mengerjakan skripsinya 27 kali. Gemvlung kan gan. Haha
3. Tugas sekolah, tugas kuliah, apalah itu, tak ada yang lebih banyak dari tugas-tugas kuliah Welin.


Jadi yang bisa kita petik adalah. Raihlah gelar Anda sebaik mungkin. Walau tak sebanyak Welin. Setidaknya gelar Anda dapat bermanfaat untuk sukses di dunia kerja.

Sekian.

Sumber

0 comments:

Post a Comment