Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan




Siapa yang tak mengenal buah yang satu ini. Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan (Wikipedia). Buah mentimun ini sering kita jumpai di daerah tropis, tak terkecuali di Indonesia. Mentimun kerap dijadikan pelengkap makanan seperti pelengkap somay, ataupun sebagai lalap menemani kubis, kemangi, dan lain-lain. Di samping sebagai pelengkap makanan, ada banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya. Apa sajakah manfaatnya? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

  • Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Kesehatan mulut secara umum, termasuk gigi dan gusi, dapat terjaga dengan buah mentimun, terlebih jika dikonsumsi dalam bentuk jus. Mengkonsumsi buah mentimun segar (mentah) akan meningkatkan produksi saliva serta menetralkan asam dan basa dalam rongga mulut.

  • Untuk Perawatan Kulit

Mentimun memiliki sifat diuretik, dengan efek membersihkan dan mendinginkan, sehingga sangat bermanfaat bagi kulit. Kandungan airnya yang tinggi, vitamin A, B dan C, serta beberapa mineral (magnesium, potassium, manganese, dan silika) menjadikan buah ini penting untuk perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung ekstrak mentimun digunakan untuk mengencangkan wajah. Selain itu, asam askorbat dan asam caffeic yang terdapat dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Mentimun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan serat dalam buah mentimun dapat membuang racun dalam sistem pencernaan sehingga dapat meningkatkan kesehatan fungsi pencernaan dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti gastritis, maag, perut mulas, hingga konstipasi atau susah buang air besar.
 
  • Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan potasium, magnesium dan fiber (serat) dalam buah timun dapat membantu mengontrol tekanan darah agar tetap dalam level yang normal. Faktanya, buah ini sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi.

  • Kesehatan Ginjal

Mentimun dapat membantu untuk meringankan masalah pada kandung kemih dan juga ginjal. Kandungan air yang melimpah pada buah ini akan membantu fungsi ginjal dalam proses urinasi (produksi air kemih).

  • Kesehatan Persendian dan Tulang

Buah mentimun mengandung silika yang dapat meningkatkan kesehatan sendi dengan cara memperkuat jaringan ikat (jaringa penghubung antar sendi), sekaligus memperbaiki kesehatan tulang secara umum.

  • Perawatan Kuku dan Rambut

Buah mentimun memiliki kandungan silika yang cukup tinggi. Selain dapat memperkuat persendian, kandungan silika pada timun dapat mencegah pecah dan rusaknya kuku-kuku di jari tangan dan kaki. Silika juga berguna dalam menjaga kesehatan rambut, seperti pertumbuhan rambut dan juga memperkuat rambut dari akarnya.

  • Diabetes

Jus mentimun sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes, karena kandungan mineral mangan dalam buah mentimun berguna dalam proses sintesa hormon insulin dalam tubuh.

  • Mengeluarkan Racun

90 Persen sayuran hijau mengandung banyak air dan membantu membuang racun dan radikal berbahaya lainnya dari tubuh.

  • Mengurangi Resiko Kanker

Mentimun mengandung tiga lignan yaitu ariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol. Menurut para peneliti, lignan dapat mengurangi risiko kanker terutama kanker prostat, usus besar, payudara, ovarium dan kanker rahim.


"Kancil mencuri mentimun..."
Nyanyian semasa kita kecil yang sering kita dengar ini ternyata benar. Kancil mencuri mentimun karena mentimun sangat bergizi ya Guys.

Itulah manfaat mentimun untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. 


Referensi: wikipedia.org, webkesehatan.com, gen22.net

Post Comment

2 comments: